24 Apr 2014

Mengatasi Laptop yang ngeblank/black screen

untuk solusi pertama mengatasi atau memperbaiki laptop yang ngeblank dengan cara mematikan laptop dengan segera, biarkan beberapa menit, selanjutnya hidupkan kembali laptop anda dan pilih windows dalam keadaan safe mode ( biasanya kita tekan F2, F8, F12 ) itu juga tergantung dari laptop kamu.setelah itu anda pilih system restore yang telah anda buat, kemudian tekan OK. tunggu hingga proses tersebut selesai. namun apa bila cara itu tidak berjalan atau masih saja laptop anda black screen ya ada kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian hardware laptop anda saya sarankan untuk mengganti LCD :)

adapun cara lain yang mungkin anda mau coba :D

  • Cara pertama :

1. tekan-tekan shift kiri dengan tempo 1/1detik dengan durasi 1 menit
2. kalau sudah nyalakan laptop


  • Cara kedua :

Lepaskan baterai dan juga termasuk charger
-Tekan tahan tombol power selama kurang lebih 30-60 detik kemudian lepaskan
-Colokkan charger (baterainya ngga usah ya) kemudian tekan tombol power (kalau berhasil ya syukur, kalau belum masuk juga tunggu hingga mati sendiri )
-Kalau sudah mati sendiri, pasang baterai beserta charger. kemudian nyalakan. kalau belum berhasil juga, coba cara selanjutnya

  • Cara ketiga :

Cara ketiga ini cukup rumit , karena kita akan melepas baterai CMOS sehingga butuh keberanian untuk membongkar laptop. tutorialnya cari saja di youtube , keywordnya cara bongkar cara bongkar spasi model laptop kamu. oke, berlanjut ke caranya ya .
Sebelum mencoba mencopot baterai cmos coba dulu cara ini , lepas RAM kemudian nyalakan kira kira 10 detik. matikan dengan cara menahan tombol power kemudian pasang RAM dan nyalakan kembali. (eits ingat sebelum copot RAM keluarkan dulu baterai dan chargenya)
kalau belum berhasil, ya terpasksa di bongkar total . kemudian cabut baterai CMOS tunggu kira-kira 30 detik pasang dan nyalakan kembali.
nah kalau sampai cara ini belum berhasil juga, itu berarti ada hardware kamu yang emang udah damaged alias rusak , kemungkinan besar RAM / Motherboard.

semoga bermanfaat :D

sumber klik

No comments:

Post a Comment

mohon komentar atau saran, komentar tidak diperbolehkan mengandung Spam,sara,pornografi, komentar anda sangat berarti bagi blog ini :)
note: mohon maaf untuk link yang sudah crash atau tidak jalan saya harap komentar nya , saya akan update kekurangan tersebut