23 Apr 2014

Mencegah Mata Lelah

1. Istirahat tiap 15 menit
Saran yang sangat umum sebenarnya, tetapi cukup efektif meredakan mata lelah. Istirahatkan mata dengan berpaling dari layar komputer setiap 15 menit, lalu fokuskan pandangan pada benda tertentu yang jaraknya relatif jauh. Otot-otot mata akan lebih rileks.
2. Manfaatkan telapak tangan
Ini adalah cara meditasi bagi mata. Caranya mudah, tutup mata lalu telangkupkan telapak tangan dengan posisi bola mata ada di tengah-tengahnya. Pastikan tangan dan bahu tetap rikels, maka ketegangan pada otot-otot mata akan semakin mengendur.
3. Jangan lupa kedip
Terlalu serius sering membuat mata lupa berkedip. Padahal saat bekerja dengan media digital, mata harus lebih sering berkedip agar permukaannya tidak kering. Pelumasan yang terjadi saat berkedip tidak hanya melembabkan, melainkan juga mendistribusikan oksigen dan vitamin yang mempertajam penglihatan.
4. Atur pencahayaan layar
Baik layar komputer maupun smartphone, gelap-terang pencahayaan akan mempengaruhi kondisi mata. Sebagian orang menganggap, agak redup lebih nyaman untuk mata sedangkan sebagian yang lain mengatakan, terang justru lebih baik karena kedipan layar lebih jarang. Mana yang lebih nyaman, jadikan itu sebagai pilihan.
5. Hindari cahaya biru
Paparan cahaya biru yang dipancarkan peralatan digital sangat mengganggu kesehatan, terutama jika dibiarkan terjadi sepanjang malam. Saat tubuh seharusnya beristirahat, hormon melatonin berkurang akibat paparan cahaya biru. Dampak jangka panjangnya, risio diabetes meningkat, begitu juga dengan obesitas, kanker dan penyakit kronis lainnya.


No comments:

Post a Comment

mohon komentar atau saran, komentar tidak diperbolehkan mengandung Spam,sara,pornografi, komentar anda sangat berarti bagi blog ini :)
note: mohon maaf untuk link yang sudah crash atau tidak jalan saya harap komentar nya , saya akan update kekurangan tersebut